Menjadi Paparazzi itu menyenangkan!!

Artikel ini berkaitan dengan kegiatan Dynamic Oriented Training 2016 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika PENS pada Hari Jum’at (November/04/2016) hingga Minggu (November/06/2016).

Ucapan maaf sebesar-besarnya kuucapkan karena di hari senin tidak dapat melanjutkan artikel ini, karena seorang perawat yang menanganiku pagi itu mengatakan “mas, beberapa hari ke depan istirahatnya yang cukup ya agar cepat pulih…”… baca juga “gimana sih rasanya donor darah ?”

namun abaikan potongan percakapan tersebut dan kupersembahkan hal “incredible” yang kualami yang hanya terjadi  3 hari 2 malam dan sekali seumur hidup.

***

Semua berawal di sini, sebuah tempat yang memiliki konstruksi seperti monumen karena hibah dari JICA bernama PENS, 15.30 aku meninggalkan perpustakaan D4 untuk mengikuti event ini. tidak banyak yang kubaca di dalam perpus hanyalah buku dari “just alvin” yang kubawa sendiri dan “artificial intelligence” yang tersedia. namun semua harus berakhir ketika registrasi Dynamic Oriented Training dimulai, kandas sudah harapan untuk mengisi neuron otak dengan kecerdasan buatan…

***img_20161104_160444

hanya satu wajah yang bisa kuambil, karena menurutku ini sangat menggambarkan sosok maba (statusku) yang akan mengikuti kegiatan ini. ia adalah Faurisma, teman satu kelas denganku yang memiliki NRP (Nomer Register Petarung) paling puncak… *abaikan. tidak hanya mima (sebutan Faurisma) yang memiliki ekspresi seperti itu, namun ada banyak peserta/i yang sudah terwakili dari wajahnya :v ya termasuk saya dan teman-teman lainnya karena rasa penasaran masih menghantui apa saja yang akan terjadi ketika DOT hari ini hingga minggu lusa ? *itu adalah hal yang masih dipertanyakan oleh tidak sedikit orang.

***

dan akhirnya semua dimulai ketika aku dan peserta lainnya memasuki truk yang didesain khusus untuk nasionalis seperti kami, dengan cetakan kertas tertulis “jisang 1” di bagian paling depan, dia sebagai saksi bisu ketika kami memulai petualangan menjauhi PENS perlahan-lahan.

***

img_20161104_183819jam menunjukkan pukul 17.55 dan kami bersama rombongan lainnya ‘harus’ berhenti sejenak untuk menghormati mereka yang beragama islam menunaikan sholat, tidak hanya itu. aku juga mengelana di sebuah “rest area km 26” tol Surabaya-Gempol untuk mencetak beberapa momen di area ini, mulai dari video KWAI karena aku bagian dari Baidu Campuss Ambassador Indonesia, mengisi kekosongan lambung dengan beberapa gram sariroti dan menikmati indahnya Sidoarjo dari sebuah kursi yang sudah disedi
akan oleh Toko Swalayan di area itu. namun beberapa hal membuatku takjub karena mungkin ini pertama kalinya kusaksikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum sebesar ini, lebih dari 20 pit stop disediakan sebagai timbal balik dari rupiah yang diberikan oleh pengendara, namun sayangnya pengalaman ini hanya kurasakan 30 menit hingga pada akhirnya kembali ke dalam “jisang” untuk melanjutkan petualangan yang sebenarnya.

***

hingga sebuah jam menunjukkan pukul 20.25 dan bermakna implisit agar para peserta harus meninggalkan jisang untuk berbaur dengan lingkungan ‘Darussalam Outbond Training’ secara langsung. ahhh… suhu malam ini sangat berbeda dengan biasanya. mungkin aku menyesal karena hanya membawa sebuah jaket pada event kali ini. karena menurutku suhu di sini sebesar 10 derajat celcius. setelahnya yang memeluk islam dipersilahkan untuk menunaikan ibadah dan yang selainnya dipersilakan menunggu untuk schedule selanjutnya.

***

malam ini merupakan hari pertama dan malam pertama diriku bersama teman sepertarungan berada di lokasi ini, dan aku (entah dengan peserta lainnya) berusaha untuk meningkatkan kadar Hemoglobin di dalam aliran darahku, ya ini kutujukan agar darahku bisa mengangkut oksigen dengan kadar tinggi karena suhu di sini sangat rendah dan tekanan udara di sini juga sangat rendah. ibarat seekor kuda pacu harus beradaptasi mengenai lingkungan tempatnya bertarung, untuk memanangkan sebuah pertandingan. karena pada dasarnya kita semua adalah juara-juara kan ?…

***

tak terasa detik demi detik berlalu tanpa ada keinginan untuk kembali, hingga kami (peserta) dipertemukan menjadi satu di sebuah lapangan luas yang untuk menjangkaunya diperlukan cahaya cukup agar kami tidak dimakan harimau di sana ‘(-_-)v. dan di sebuah lapangan tersebut kudapati sosok Kahimit, mas putra menyampaikan pesannya untuk yang pertama kali kepada kami semua agar menikmati event ini mulai dari awal hingga akhir. dengan suara agak keras ia menyampaikan pesan tersebut agar oknum peserta yang sudah lebih dahulu terlelap dalam kantuk bisa membuka mata mereka lagi untuk yang kesekian kalinya. dan setelah event itu kami mendapat tugas baru, menurutku bukan tugas. melainkan sebuah masalah yang harus diselesaikan secara tim agar tuntas. hanya dengan menciptakan emblem tim, yel-yel tim, dan jargon tim. ya itu kan sebuah kewajiban yang harus ada dalam sebuah tim ketika mengikuti event untuk mendorong semangat yang mereka miliki, namun sebelumnya aku bersama peserta lainnya menghabiskan waktu malam kami dengan makan malam bersama, sesuai dengan bekal yang kami bawa masing-masing, walaupun ada yang tidak membawa. namun kami semua masih bisa merasakan kekeluargaan dalam jamuan makan malam yang disediakan oleh panitia di momen ini.

***

sayangnya hari pertama ini harus kututup ketika jam menunjukkan pukul 23.57. namun sebelumnya aku merasakan rasa kekeluargaan ketika berkumpul dengan teman satu angkatan di sebuah ruangan bernama aula, di sana kami berkenalan lebih lanjut agar saling mengenal dan agar tidak ada kalimat “sama temannya sendiri kok ga kenal !” :v dari angkatan atas yang menjadi panitia pada kegiatan ini. selamat malam selamat beristirahat dan semoga berkat Tuhan selalu bersama kita semua…

***pantau terus, atau kalau perlu temui penulis untuk mengetahui apa saja yang ada di hari ke-2… Selamat malam, FORZA INFORMATIKA!!!***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s