Bagaimana Cara belajar yang baik dan benar ?

Sebuah pertanyaan yang banyak saya dengar ketika saya masih SD hingga saat ini saya duduk di bangku kuliah, entah mengapa mereka bertanya seperti itu kepada saya tapi tidak apa-apa. kali ini saya akan membagi bagaimana cara saya belajar semasa menempuh pendidikan, mungkin ini bisa dikategorikan cara belajar yang baik dan benar menurut saya.

istirahat
1) Beristirahatlah terlebih dahulu
terkadang anda meremehkan poin pertama ini, beristirahat sangatlah penting dalam kehidupan manusia. bahkan dalam jurnal kesehatan ada sebuah artikel yang mengatakan bahwa dalam 24 jam manusia membutuhkan istirahat minimal 8 jam. namun menurut saya 8 jam adalah waktu rata-rata. dan bagaimana cara istirahat yang baik dan benar menurut saya? saya menggunakan waktu 24 jam sehari dengan beristirahat selama 7-9 jam sehari. istirahat di sini saya artikan dengan tidur. jadi otak akan merasa lebih fokus ketika digunakan untuk belajar karena sebelumnya otak diberi kesempatan untuk beristirahat.

tidur

2) Tidurlah sesering mungkin
mengapa tidur harus sering? mungkin anda mengira waktu tidur saya 7-9 jam sehari sekaligus? itu salah, 7-9 jam adalah total waktu tidur yang saya terapkan sehari-hari, ini adalah cara tidur yang baik dan benar menurut saya. yakni menyisakan waktu untuk tidur malam selama 6-7 jam lalu ditambah dengan tidur siang 1-2 jam. mengapa saya melakukan hal ini, karena menurut saya, otak hanya mampu berkonsentrasi maksimal 1 jam lalu membutuhkan istirahat ringan misalnya berjalan-jalan, sholat (bagi yang muslim), atau bahkan berolahraga ringan, namun jika otak sudah bekerja selama lebih dari 8 jam maka harus beristirahat total dengan cara tidur.

bermain

3) Bermainlah sesering mungkin
Tujuan dari belajar adalah agar mengetahui materi, bukan bermain-main. tapi mengapa saya memberi tips bermainlah sesering mungkin? jawabannya sederhana, yakni agar otak kanan berfungsi juga. ketika manusia bermain maka dia akan mengasah kemampuan otak kanannya untuk berfikir kreatif agar permainannya cepat selesai atau mendapat highscore dalam game tersebut, di sini terdapat nilai positifnya, yakni otak kanan lebih terasah sehingga ketika belajar dapat dengan mudah berfikir kreatif dengan cara menghubungkan materi yang dipelajari dengan permainan yang pernah dimainkan. sederhana bukan?

belajar

4) Belajarlah sesedikit mungkin
Keinginan untuk menguasai segala materi adalah sesuatu yang banyak diinginkan orang lain, namun saya tidak. lebih baik menggali sumur daripada membuat empang, mengapa demikian? karena air sumur lebih jernih daripada air empang. orang yang berambisi menguasai banyak hal pasti tidak akan pernah serius dan sungguh-sungguh ketiika mengerjakan, dia hanya asal sekedarnya saja atau apa adanya. dari luar dia terlihat menguasai segala hal namun percumah saja kalau tidak mendetail dan tidak terfokus. berbeda dengan orang yang hanya mempelajari satu hal namun terfokus dan mendetail, dari luar terlihat bukan apa-apa namun ketika disodorkan dengan materi yang ia benar-benar kuasai dan fokus, maka ia akan menghasilkan hasil akhir yang jauh lebih baik daripada yang berambisi menguasai banyak hal. Mudah bukan ?

periodic

5) berkala dalam belajar itu perlu
Lebih baik 1 dikalikan 10 daripada 10 dikalikan 1. mengapa demikian? dalam matematika keduanya benar memiliki hasil kali 10 namun dalam belajar? belum tentu keduannya sama. ini adalah cara belajar terbaik dari yang pernah ada, yakni cukup dengan belajar selama 1 jam atau kurang namun dipelajari secara berkala sehingga materi yang didapatkan sedikit namun benar-benar menancap dalam ingatan, daripada belajar semalaman yang kurang efektif dan membuang waktu yang seharusnya digunakan untuk istirahat namun tidak dapat menangkap materi dengan maksimal. mengapa? karena lelah adalah faktor utama, seperti yang saya singgung di poin sebelumnya yang mengatakan kalau otak manusia hanya bisa berkonsentrasi selama 1 jam setelahnya digunakan untuk beristirahat ringan, jadi semakin sering anda belajar maka semakin bagus.

konsentrasi

6) Fokus dan konsentrasi
mengapa ketika belajar kita sering tidak bisa menangkap materi dengan cepat? jawabannya sederhana yakni anda tidak fokus, dan tidak berkonsentrasi. tidak ada gunanya ketika anda mengikuti perkuliahan dan dosen berada di depan selama lebih dari satu jam namun anda sekali-kali membuka sosmed, berbincang dengan teman atau bahkan makan. lebih efisien jika dosen menjelaskan dalam 15 menit namun anda terfokus dan berkonsentrasi penuh kepada dosen, bahkan bila perlu abaikan yang lain terlebih dahulu hingga dosen selesai memberi materi. tidak hanya ketika kuliah, ketika belajar dan melakukan hal lain juga terapkan metode ini, abaikan kenikmatan sejenak untuk menggapai kenikmatan selamanya daripada menanggapi kenikmatan sejenak untuk kehilangan kenikmatan selamanya.

untuk saat ini cukup 6 metode, apabila ada yang memiliki metode lain silakan dibagikan di sini tidak apa-apa, selamat menerapkan cara belajar yang baik dan benar menurut saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

