Richard Trevithick~ Bapak perkerataapian dunia

Linnell, John, 1792-1882; Richard Trevithick (1771-1833)
Linnell, John; Richard Trevithick (1771-1833); Science Museum, London ; http://www.artuk.org/artworks/richard-trevithick-17711833-179865

Jamess watt, sebagai penemu mesin uap sudah diakui oleh dunia atas penemuanya yang menjadi dasar dari mesin-mesin yang ada di dunia, namun bagaimana dengan Richard Trevithick? tentunya tidak banyak yang mengetahui bahwa ia adalah orang yang pertama kali mengaplikasikan mesin uap dalam dunia transportasi khususnya kereta api.

ia merupakan anak dari pemilik tambang di masa itu dan dilahirkan di kota pertambangan conwall, inggris. ketika kecil penampilannya di sekolah sangat buruk namun ketika dewasa ia adalah pionir di dunia kereta api uap dan penemuan terbesarnya adalah lokomotif kereta yang dipublikasikan pada 21 Februari 1804 di wales.

Richard berprofesi sebagai insinyur di masa mudanya hingga menjadi pionir di bidang mesin bertekanan tinggi yang banyak digunakan di dunia pertambangan, tidak hanya itu. ia juga menemukan sebuah pompa air menggunakan mesin untuk menggantikan pompa sebelumnya yang kurang efisien. penemuannya sudah terkenal di masa itu sehingga banyak ilmuan lain yang belajar, mengembangkan dan menerapkan mesin uap ciptaannya di Inggris, penemuannya diterapkan pada sebuah alat yang menarik gerobak yang menjadi cikal bakal kereta sekarang. namun pada awal demonstrasi ia harus gagal karena penemuannya hanya bertahan 3 hari karena uap yang dihasilkan membakar beberapa rumah di sekitarnya dan secara otomatis mesin tersebut rusak.

Salah satu perusahaan memberi dana kepada richard untuk membuat lokomotif baru, walaupun tidak berjalan seutuhnya namun kendaraan ini disimpan di Science Museum, London beserta kertas rancangan dari richard dan rekannya. di tahun 1803 ia membuat mesin baru namun gagal karena tidak nyaman, lebih mahal, dan berjalan lebih lambat daripada kuda. kemudian ia membuat lokomotif pen-y-darren dan berhasil membawa 10 ton besi, 5 gerbong dan 70 manusia dari pennydaren ke abercynon sejauh 9,75 mil dengan waktu tempuh 4 jam namun setelahnya tidak dapat digunakan karena rel tidak mampu menahan beban dari temuan richard hingga di newcastle ditemukan rel menggunakan kayu sebagai landasannya lalu temuan richard bisa digunakan lagi.

setelahnya richard mendapat banyak tawaran untuk proyeknya diantaranya sebagai konsultan di sungai thames untuk membuat terowongan kecil namun mendapat kendala seperti banjir dari luapan sungai sehingga hampir membuatnya gagal, namun akhirnya berhasil dan ia melanjutkan proyek lain hingga ke kanada dan amerika.

hingga pada akhirnya ia meninggal 22 april 1833 karena pneumonia, atas penemuannya pemerintah inggris membuat patung richard untuk mengenangnya di Public Library Camborne, Cornwall.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s