Belajar Dasar Pemrograman Bahasa C

konten yang bagus, sangat membantu untuk programmer pemula

arcyanum

Dalam pemrograman, dikenal adanya bahasa pemrograman. Kebetulan bahasa pemrograman yang saya pelajari adalah bahasa c. Dalam postingan kali ini, saya bermaksud untuk mmperkenalkan pada teman-teman bahasa c yang sudah saya pelajari…

1.       Header

Layaknya tubuh manusia yang mempunyai kepala, maka bahasa c juga mempunyai kepala. Dalam konteks ini, saya sebut sebagai header. Header berfungsi sebagai brankas penyimpanan perintah-perintah yang akan kita gunakan dalam pemrograman nantinya. Bahasa gaulnya header itu sebagai library perintah. Contohnya:

#include <stdio.h>

Contoh di atas merupakan header. Nah saya akan jelaskan.

Perintah header, selalu dimulai dengan “#include” lalu diikuti dengan “<….>” yang nanti akan diisi dengan nama brankas/library tertentu… misalnya, dalam pemrograman saya membutuhkan perintah untuk mencetak sesuatu dalam program seperti perintah “printf”, maka saya harus menuliskan “<stdio.h>” dalam Header. Selain <stdio.h> masih ada library lainnya seperti “<iostream>”, “<conio>”, “<string.h>”, dst…

2.       Fungsi

Kalau tadi sudah ada kepala, maka selanjutnya adalah badannya. Badan dari pemrograman disebut sebagai…

Lihat pos aslinya 561 kata lagi

Tinggalkan Balasan

