oh Kurikulum 2013 (K-13)

Nama Saya Rachmad Syarul H, seorang siswa kelas sebelas sekolah menengah atas di sidoarjo – jawa timur. k-13 tentu sangat akrab dengan saya, pertama kali saya bertemu k-13 ketika saya masuk kelas sepuluh SMA pada tahun 2013 silam. tentu terasa sedikit asing karena kakak kelas saya sebelumnya masih menggunakan KTSP 2006. selain itu, saya sebagai murid dituntut untuk menguasai kurang lebih 17 (tujuh belas) mata pelajaran dan harus aktif bertanya, mencari materi, mencari referensi lain di internet agar dapat menambah wawasan saya. banyak sekali perbedaan di kurikulum ini diantaranya nilai rapor (Pada KTSP masih menggunakan angka 1s/d100, namun di k-13 menggunakan angka 1s/d4 dan itu ada konversinya sendiri). perbedaan yang lain adalah guru dilarang menerangkan dan murid disuruh aktif bertanya, selajutnya siswa harus menunjukkan karakter yang baik di kurikulum ini agar menciptakan generasi bangsa yang lebih baik untuk masa yang akan datang.

saya juga harus beradaptasi dari KTSP ke K-13 agar saya mampu menjalani kurikulum ini dengan baik walaupun beradaptasi untuk pindah ke k-13 itu tidak mudah bagi saya namun saya harus melakukan itu. sejalan dengan adaptasi ke k-13 lama-kelamaan saya merasa cocok dengan k-13 dan saya berharap kepada pemerintahan selanjutnya (Kabinet jokowi-jk) agar tidak merubah k-13 dengan kurikulum yang baru karena pindah ke antar kurikulum itu tidak mudah. tidak hanya saya, bapak/ibu guru di sekolah pun juga merasakan betapa susahnya adaptasi dengan kurikulum baru. harapan saya untuk k-13 pada masa jokowi-jk masih tetap menggunakan nama k-13, namun tolong benahi beberapa hal yang saya rasa kurang. misalnya buku paket BSE yang diedarkan oleh pemerintah sangat mudah sekali lepas dan protol menjadi beberapa lembar sehingga saya harus berhati-hati agar lembaran yang lepas dari lem buku tidak hilang/jatuh saat buku dibuka. dan harapan saya yang lain adalah tolong untuk masa berikutnya PNS terutama guru diseleksi lebih ketat karena masih ada guru yang ketika ditanya pertanyaan yang tergolong susah malah melemparkan pertanyaan ke pihak lain. sehingga tidak ada yang mempu menjawab dan pertanyaan saya tidak terjawab. itu saja harapan saya untuk k-13 yang akan datang, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

