Ciri-ciri virus

virus
Virus pertama kali ditemukan oleh Dmitri Ivanovski, seorang ahli biologi dari Rusia yang pada tahun 1892 mempelajari penyakit pada tembakau yang menyebabkan daun tembakau bercak kuning. Hasil penelitian ini kemudian dilanjutkan oleh M. Beijerinck, seorang ilmuwan belanda. Kedua ilmuwan tersebut menduga bahwa penyebab penyakit mozaik pada tembakau tersebut adalah bakteri patogen yang sabgat kecil serta mampu berkembang biak dengan cepat.
Dugaan kedua ilmuwan tersebut ternyata salah. W. M. Stanley (seorang ilmuwan amerika) pada tahun 1935 berhasil menemukan penyebab bercak kuning pada daun tembakau tersebut, maka ia menyimpulkan bahwa penyebab bercak kuning pada daun tembakau bukan bakteri. Karena dapat dikristalkan maka berarti yang menyebabkan bercak kuning bukan sel dan ketika dimasukkan pada tanaman sehat dapat berkembang biak dan menyebabkan penyakit. Virus dianggap sebagai peralihan antara benda abiotik dengan biotik. ilmu yang mempelajari virus disebut Virologi.
Virus memiliki Ciri-ciri sebagai berikut :
1. Memiliki ukuran tubuh antara 20 – 300 milimikron (jauh lebih kecil daripada bekteri) dan hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron.
2. Tubuhnya tersusun atas selubung protein dan bahan inti yang berupa asam nukleat.
3. Hanya dapat hidup dan berkembang biak dalam sel makhluk hidup lain yang dianggap cocok.
4. Tidak memiliki sitoplasma dan organel sel sehingga tidak dapat melakukan metabolisme, bersifat parasit obligat dan tidak peka terhadap antibiotika.
5. Tidak dapat membelah diri sehingga replikasi virus menggunakan asam inti melalui suatu biosintetis yang kompleks.
6. Dapat mengalami mutasi secara riba-tiba maupun perlahanoleh suatu sebab yang tidak diketahui. perubahan sifat virus yang terpenting adalahhilangnya atau meningkatnya keganasan (Virulensi).
7. Dapat dikristalkan, merupakan sifat benda mati yang tidak dapat dilakukan makhluk hidup lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s