Ekonomi Part 2

Assalamualaikum Wr Wb
Selamat sore gan, ane punya tulisan dikit nih tentang ekonomi lanjutannya yang kemaren. Tadi pas lintas minat, Bu diana menerangkan ekonomi bab 2 gan, ane tulis semua dah lengkap kap kap, sampe yang diucapin beliau pun ane tulis. hehehe, murid rajin gitu. Bu diana tadi ngucapin gini gan.

1. Konsumen adalah pemakai, atau orang yang melakukan tindaka konsumsi.
2. Konsumsi merupakan kegiatan manusia untuk mengurangi nilai produksi atau nilai jumlah suatu barang.
3. Konsumen individu (personal) : yaitu sifat konsumsi yang dimiliki setiap orang. maka sifat ini tidak selalu sama. dan membutuhkan barang yang tentunya berbeda-beda. contohnya, si A suka dengan tas warna merah, sedangkan si B suka dengan tas kecil berwarna hijau.
4. Konsumen organisasi : Yakni sifat konsumsi yang dibutuhkan oleh semua orang untuk melakukan tindakan tertentu, maka ini membutuhkan satu barang yang digunakan bersama-sama. contohnya, di dalam ruangan kelas semua kan membutuhkan spidol, penghapus, dan alat keperluan lainnya.
5. Teori konsumsi, dikemukakan oleh Herman Heinrich Gossen (H.H.Gossen) yang mengemukakan bahwa bagaimana seseorang dengan suatu pendapatan yang diperolehnya dapat membeli berbagai barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkan orang tersebut.
6. Teori H.H.Gossen dibagi menjadi 2 macam, yang pertama adalah konsumsi verikal yaitu jika pemenuhan kebutuhan terus-menerus pada suatu titik tertentu akan mencapai titik maksimal, kemudian semakin lama semakin turun karena hanya mengarah ke satu titik saja. contohnya, ketika siang hari kamu sedang lari-lari, kemudian melihat orang sedang jualan es oyen dan orang yang sedang minum es oyen. Pasti di benakmu terdapat rasa iri. kemudian ketika kamu menyelesaikan lari-lari mu, kamu kemudian mengambil uang 20.000; dari dompetmu untuk membeli es oyen sebanyak 5 bungkus @4000;. kemudian es tersebut kamu bawa pulang. sesampainya di rumah, kamu meminum es yang pertama terasa sangat nikmat sekali sehingga ingin minum es yang kedua kalinya. yang kedua kalinya, rasa nikmatnya agak berkurang. kemudian yang ketiga, kamu sudah bosan, yang ke empat kamu bisa-bisa saja memuntahkan es tersebut, dan yang terakhir es oyen tersebut tidak ada yang mengkonsumsi. itulah contoh hukum H.H.Gossen Vertikal.
7. Teori H.H.Gossen yang kedua yaitu konsumsi Horizontal yang berbunyi pemenuhan secara merata dalam bermacam-macam kebutuhan yang ada. contohnya, kamu punya uang 20.000; kamu mau beli soto semangkok seharga 7000;, kemudian ditambah dengan es oyen dengan harga 4000;, kemudian kamu membeli camilan untuk bersantai dengan jumlah 8000; dan sisa 1000;, yang 1000; digunakan untuk membayar parkir. nah, itulah contoh konsumsi Horizontal yang dikemukakan oleh H.H.Gossen.
8. komsumtif : yaitu pelaku yang berlebihan dalam melakukan konsumsi.
9. Faktor-Faktor yang mempengaruhi konsumsi antara lain : Pendapatan, Harga barang, Barang substitusi (pengganti), adat istiadat/kebiasaan konsumen, adanya barang yang tahan lama, prediksi dugaan harga barang.
10. INGAT..! -Jika pendapatan meningkat, maka jumlah konsumsinya akan meningkat juga- -Barang konsumsi tidak harus makanan, tetapi ada yang berupa kendaraan, properti, dan lainnya.-

itulah yang diucapin bu diana gan tadi pagi pas lasnat (lintas minat) untung aja ga dikasih Tugas. hehehehe. Ane mohon maap apabila ada kata-kata yang kurang enak untuk dibaca ya gan. akhir kata
Wassalamualaikum Wr Wb. byee. see you next time…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s