Ekonomi Part 1

met malem buat yang baca, dan met malem buat mbak pu*** yang selalu meramaikan hatiku. hehehehe. pertama-tama saya akan mengucapkan salam sebagai awalan untuk menulis tulisan di situs ini. semoga dapat memberi barokah kepada yang membacanya.
Assalamualaikum Wr. Wb.
udah ya reader, langsung to the point aja yah,
ane mau ngebagi tulisan yang ane dapet dari guru ekonomi ane, yakni bu diana, pas waktu lintas minat di sekolah tercinta, hehehe. ini adalah tulisan yang saya copas (copy-paste) dari buku catatan ekonomi ane yang ane tulis pas tanggal 26 september 2013. dan inilah tulisannya.

1. Motif ekonomi : yaitu faktor yang mendorong manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi.
2. Tindakan ekonomi : yaitu tindakan yang berdasarkan prinsip ekonomi.
3. Prinsip ekonomi : (baru) Pengeluaran tertentu untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya. (lama) Pengeluaran sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya.
4. Tujuan tindakan ekonomi : a. untuk memperoleh keuntungan, b. untuk memenuhi kebutuhan, c. Untuk mendapatkan kekuasaan, d. Untuk sosial dan e. untuk ingin dihargai/mendapatkan reputasi.
5. Biaya peluang : yaitu pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil sebuah alternatif pilihan keputusan.
6. Masalah ekonomi, masalah ekonomi dibedakan menjadi 2 (dua) macam yaitu masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern. Masalah ekonomi klasik meliputi Produksi, Distribusi(pengedaran) dan konsumsi. sedangkan masalah ekonomi modern, merupakan perkembangan dari masalah ekonomi klasik, masalah ekonomi modern diantaranya apa, bagaimana dan untuk siapa.
7. Macam macam sistem ekonomi yang ada di dunia. 1. Sistem ekonomi Tradisional, 2. Sistem ekonomi terpusat, 3. Sistem ekonomi Pasar dan yang ke 4. sistem ekonomi campuran.
8. Sistem ekonomi Tradisional : yaitu sistem ekonomi yang masih menggunakan alat tradisional, kelemahannya adalah kualitasnya kurang bagus, tidak ada pembagian kerja dan kurang cepat untuk berkembang/maju.
9. Sistem ekonomi terpusat : semua barang yang ada merupakan milik pemerintah/pimpinan, sehingga yang mengatur seluruh sistem ekonominya adalah pemerintah.
10. Politik diskonto : Proses kenaikan suku bunga bank untuk menurunkan inflasi.

itu semua adalah catatan ane pas tanggal 26 september 2013, dan ane dikasih tugas sama bu diana, tugasnya adalah.
1. Bagaimanakah Sistem perekonomian yang berlaku di indonesia saat ini (dianalisis) ?
2. Menurut pendapatmu bagaimana kalau pengelolaan air di indonesia dilakukan privatisasi ?
kalo ada yang tau jawabannya, di coment ya. Buat besok nih.

itulah tulisan yang dapat ane tulis hari ini, semoga bermanfaat untuk reader-reader semua. akhir kata
wassalamualaikum wr. wb

Tinggalkan Balasan

