Arti Kata “Mata”

kata yang satu ini memang kita dengar setiap hari. Malahan setiap kali kita bercermin, kata ini langsung terlihat. “Mata” memang ada di mana – mana. Tetapi sadarkah kalian bahwa kata “Mata” dapat memiliki banyak sekali arti dan kegunaan? Jika kita benar menggunakannya, kita akan mendapatkan banyak sekali kata dengan satu kata “Mata”.ARTI “MATA”

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata “Mata” memiliki 7 arti langsung. Hebat, bukan?

Arti yang Pertama adalah, “indra untuk melihat, atau indra penglihat.” Itulah mata kita . Begini contoh kalimatnya : “Matanya agak labam karena kurang tidur.”

Arti yang kedua adalah, “Sesuatu yang menyerupai mata (seperti lubang kecil, Jala)” Seperti lubang pada jarum jahit, biasa disebut juga mata jarum. Begini contoh kalimatnya : “Budi memasukkan benang ke mata jarum”

Arti yang ketiga adalah, “bagian yang tajam pada alat pemotong (pada pisau, kapak dan sebagainya).” begini contoh kalimatnya : “siapa yang hendak mengasah mata pisau itu?.”

Arti yang keempat adalah, “sela antara dua garis (pada mistar, derajat dan sebagainya).” Misalnya pada penggaris, terdapat banyak garis – garis kecil untuk menunjukkan panjang setiap satu centimeter. Nah, jarak seperti antara garis satu centimeter dan dua centimeter itu juga disebut mata.

Arti yang kelima adalah, “tempat tumbuh tunas (pada dahan, ubi, dan sebagainya).” Jika kita lihat pada sebuah batang pohon, biasanya tempat munculnya dahan akar,tampak berbentuk melingkar. itulah yang disebut mata.

Arti yang keenam adalah arti kiasan, “sesuatu yang menjadi pusat, seperti yang ada di tengah – tengah.” Seperti waktu kita menyatakan perasaan sayang, maka kita akan berkata, “kamulah mata hatiku.”

Arti yang ketujuh adalah, “yang terpenting (sumbu pokok, dan sebagainya).” Seperti penggunaan pada kalimat ini : “Mata pencariannya adalah bertani.”

Belum lagi jika kita menggunakan kata “Mata” dengan semua turunannya. Wah! Bisa – Bisa satu website ini hanya berisi kata “Mata”.

Itulah hebatnya bahasa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s