Cara Kerja Ponsel

ponsel adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Fungsinya sama saja dengan telepon rumah, hanya saja ponsel tidak memiliki kabel sehingga bisa dibawa ke mana – mana. Dengan bentuknya yang kecil dan ringan, ponsel dapat dimasukkan ke dalam saku baju atau celana. Sehingga, di manapun kita berada, kita bisa menelpon dan menerima panggilan dari ponsel tersebut.Pernah melihat tower berupa rangka besi yang menjulang tinggi ? Itulah yang disebut BTS (Base Transceiver Station) yang berfungsi sebagai pengirim dan penerima sinyal. Tugasnya adalah meneruskan sinyal telepon ke daerah yang lebih luas. Semakin banyak BTS yang dipasang, semakin luaslah daerah yang bisa dilayani untuk penggunaan ponsel.Ponsel baru bisa digunakan setelah ada SIM (Subscriber Identity Module), atau kartu identitas berlangganan. SIM card ini berisi nomor telepon tertentu yang akan menjadi identitas dari si pemakai ponsel tersebut.MASUK DAN KELUARNYA SUARA

kok bisa ya, ponsel digunakan untuk berkomunikasi? Bukankah ponsel tidak memiliki kabel? tidak seperti telepon rumah yang harus tersambung pada jaringan kabel, ponsel menggunakan sinyal untuk menangkap dan mengirimkan suara atau pesan melalui frekuensi tertentu. Operator penyedia jasa layanan seluler memiliki pemancar – pemancar yang berfungsi untuk memancarkan sinyal sehingga dapat ditangkap oleh antena yang ada pada ponsel. Kalau ponsel tidak menangkap adanya sinyal, berarti kita tidak dapat melakukan komunikasi di daerah tersebut.KOK BISA KIRIM SMS ?

Selain digunakan untuk berkomunikasi suara, ponsel juga bisa digunakan untuk mengirimkan pesan tulisan pendek (SMS = Short Message Service) kepada pemilik ponsel lainnya. Untuk mengirimkan SMS, cukup mengetikkan pesan dalam ponsel kita, kemudian kirim ke nomor ponsel yang dituju. Si penerima SMS akan menerima dan membaca pesan yang kita kirim di ponselnya. Umumnya, setiap pesan dapat ditulis 160 huruf saja. Namanya saja pesan singkat ya ? Akan tetapi, ada juga beberapa ponsel yang bisa menuliskan pesan lebih dari 160 huruf. Hanya saja, biaya kirimnya tetap dihitung dalam kelipatan 160 huruf.AWAS PULSA..!!

menggunakan ponsel memang mengasyikkan. Akan tetapi, awas lho, penggunaan ponsel ini tidak gratis. Kita harus membeli pulsa agar bisa membayar percakapan telepon, mengirim sms atau layanan lainnya. Pada saat ponsel digunakan maka pulsa di dalam SIM Card berkurang. Kalau ponsel kita tidak memiliki pulsa yang cukup, maka kita tidak bisa menggunakan ponsel untuk telepon atau SMS. Berarti harus beli pulsa lagi tuh.

Jadi, Pergunakan ponsel sebaik – baiknya. Berbicaralah seperlunya agar bisa menghemat pulsa yang ada. Jangan boros ah, nanti uang jajannya habis cuma buat beli pulsa, Rugi kan ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s